Adera Field Mengadakan Pelatihan Kreasi Daur Ulang Sampah Kertas

06 Januari 2014

Gambar : Hasil kerajinan kreasi daur ulang kertas oleh masyarakat sekitar Adera Field.

Pengabuan - Dalam rangka menyempurnakan rangkaian program kepedulian lingkungan berbasis 3R (Reuse, Reduce, Recycle) yang digalakkan CSR PT Pertamina EP Asset 2 Adera Field, di penghujung tahun lalu tepatnya 7 Desesmber 2013, Adera Field mengadakan pelatihan daur ulang sampah kertas bersama kelompok pengrajin Katalis binaan Medco E&P Musi Banyu Asin. Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Ria Komperta Pengabuan dan dibuka oleh Adera Legal and Relation Assistant Manager Ery Ridwan.

Para peserta yang mengikuti pelatihan kreasi daur ulang sampah kertas ini terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri dari desa Pengabuan, Pengabuan Timur, Harapan Jaya, Purun Timur dan desa lain di sekitar wilayah kerja perusahaan. “Jumlah peminat yang berkeinginan mengikuti pelatihan membludak dua kali lipat. Hal ini menunjukkan potensi besar dalam diri ibu-ibu dan remaja putri sekitar perusahaan untuk berkreasi, sekaligus menunjukkan dukungan yang besar program 3R Adera. Ini merupakan iklim yang sehat untuk pengembangan ide-ide CSR kita” ujar Ery.

Elva, salah satu peserta pelatihan yang juga merupakan istri dari Kepala Desa Pengabuan bersama peserta lain menuturkan antusiasmenya terhadap kegiatan ini. “Unik dan menarik, apalagi untuk anyaman dari koran. Saya jadi ingin mencoba lebih jauh bersama Ibu-ibu yang lain. Kami jadi terpikir untuk membentuk kelompok pengrajin sendiri dengan keterampilan ini,” ujarnya.

Selain pelatihan kreasi daur ulang kertas, para peserta juga mengikuti sesi tanya jawab bersama Katalis dan para staf Adera Legal and Relation, makan siang bersama serta dapat membawa pulang produk kreasi yang telah dibuat beserta souvenir dan sertifikat keterampilan daur ulang kertas dari Adera Field Manager.

Agar keahlian kreasi sampah ini dapt terus diasah, CSR Adera Field akan mendorong para pengrajin untuk menggabungkan kreasi sampah plastik yang telah digalakkan sebelumnya dengan kreasi sampah kertas sehingga menciptakan beragam invoasi produk kerajinan lain yang 100% berbasis sampah. Keahlian kerajinan ini diharapkan dapat disebarluaskan dan diharapkan pula dapat menjadi solusi untuk mengatasi tumpukan sampah kertas dan koran yang jumlahnya semakin banyak. (Miranda)

Foto : Foto bersama para peserta pelatihan dan manajemen Adera Field.